ARDUINO

بسم الله الرحمن الرحيم

Tentang Arduino

ditulis oleh : Yoskin Erlangga Anwarsyam

Pengenalan Dasar

Apa yang Anda ketahui tentang Arduino? Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, akhir-akhir ini bidang elektronika mengalami kemajuan yang pesat. Dengan kemajuan tersebut, membuat manusia selalu berusaha memanfaatkan teknologi yang ada untuk mempermudah kehidupannya.  Dalam dunia Elektronika, Arduino hadir untuk memudahkan penggunaan elektronik tersebut  dalam berbagai bidang. Arduino merupakan teknologi baru Mikrokontroler yang mudah digunakan.


Gbr(1)Arduino Uno

Dari berbagai  sumber acuan, dapat diberikan informasi tentang Arduino :

  • Arduino is an open-source electronics platform based on easy-to-use hardware and software. It’s intended for anyone making interactive projects (https://www.arduino.cc/). Yang dapat diartikan sebagai berikut : Arduino adalah platform elektronik open-source yang berbasis pada perangkat lunak dan perangkat lunak yang mudah digunakan. Ini ditujukan untuk siapa pun yang membuat proyek interaktif.
  • Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang.
  • Arduino adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega328 (datasheet). Arduino ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler, untuk mengaktifkan cukup menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB dengan adaptor AC-DC atau baterai.
  • Arduino  merupakan platform hardware terbuka yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat rekayasa peralatan elektronik interaktif berdasarkan hardware dan software yang fleksibel dan mudah digunakan

Arduino menggunakan software processing tersendiri yaitu penggabungan dari bahasa C++ dan Java. Software Arduino dapat diinstal di berbagai sistem operasi seperti: LINUX, Mac OS dan Windows.

Software IDE Arduino terdiri dari 3(tiga) bagian:

  1. Editor Program, untuk menulis program dalam bahasa processing. Listing program pada Arduino disebut sketch.
  2. Compiler, modul yang berfungsi mengubah bahasa prosesing (kode program) kedalam kode biner karena kode biner adalah satu satunya bahasa program yang dipahami oleh mikrokontroler.
  3. Uploader, modul yang berfungsi memasukan kode biner kedalam memori mikrokontroler.

Dengan adanya software ini, Arduino dapat menjalankan banyak aplikasi dengan listing program (sketch) berbasis bahasa C/C++ yang disederhanakan dan mudah, sehingga dbagi Anda yang masih baru mengenal Arduino atau bahasa pemrograman tentunya akan mudah mempelajarinya.

Saat saya memposting tulisan ini Software Arduino IDE ARDUINO versi 1.8.5, dapat Anda download gratis di

http://arduino.cc/en/Main/Software atau melalui alamat : http://sman26jak.sch.id/yoskin/arduino-1.8.5-windows.exe. Panduan bahasa pemograman Arduino beserta dengan contoh-contohnya bisa Anda baca di halaman http://arduino.cc/en/Reference/HomePage.

Iklan
%d blogger menyukai ini: