Dinamika Partikel

Dinamika Partikel

bar

Dinamika Partikel

Indikator Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini, Peserta didik diharapkan dapat:

1. Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (intemetlsumber) untuk memahami konsep hukum Newton (karakter suka membaca dan rasa ingin tahu).

2. Memformulasikan tentang hukum Newton 1, hukum Newton II, hukum Newton III (karakter cermat, teliti, jujur).

3. Melakukan eksperimen tentang hubungan antara gaya gesek dengan gaya normal (karakter cermat, teliti, jujur, kerja sama, kritis,  sating menghargai, tanggung jawab).

4. Menemukan kasus-kasus yang menarik terkait dengan penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari (karakter, jujur, komunikatif, dan kritis).

Karakter Peserta didik yang diharapkan :

Suka membaca, rasa ingin tahu, cermat, jujur, teliti, kritis, kerja sama, saling menghargai, tanggung, jawab, mandiri.

Konsep Gaya

Pada bab ini, saya mngajak anda untuk mempelajari dan memahami materi dengan pokok bahasan Dinamika Partikel yang lebih ditekankan pada konsep gaya dan hukum Newton I, II dan III..

  • Dinamika adalah cabang Mekanika yang mempelajari gerak dan gaya yang menyebabkan gerak itu.
    Kinematika adalah cabang mekanika yang mempelajari gerak tanpa memperdulikan penyebabnya.
  • Disebut Dinamika partikel karena benda – benda yang dipelajari baik yang besar maupun kecil dianggap sebagai benda titik atau partikel.
  • Gaya adalah besaran Fisika yang mempengaruhi gerak sebuah benda. Gaya dapat didefinisikan didefinisikan sebagai dorongan atau tarikan yang dapat mengubah gerak suatu benda. Apabila kecepatan sebuah benda berubah, maka dapat dipastikan bahwa ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Gerak buah kelapa yang jatuh akan semakin cepat karena adanya gaya gravitasi bumf yang bekerja pada kelapa. Mobil bergerak maju dari keadaan diam karena adanya gaya dorong pada massa mobil.
  • Aristoteles, adalah seorang filsuf Yunani, murid dari Plato, lahir : 384 SM, membagi gerak menjadi 2(dua) yaitu : gerak alami dan gerak paksa.
    Gerak alami adalah gerak yang terjadi begitu saja, tidak disebabkan oleh gaya, tidak berawal dan tidak berakhir,. Contoh gerak alami adalah  gerak melingkar, gerak berputarnya bumi dan planet. Pendapatnya ini suatu suatu saat terbantahkan, karena gerak melingkar disebabkan oleh gaya, yaitu gaya sentripetal.

    Gerak paksa selalu disebabkan oleh gaya, seperti dorongan atau tarikan, misalnya gerobak bergerak karena ditarik oleh seekor kuda. Contoh lain, mobil yang mogok bergerak karena didorong oleh anda.
  • Galileo Galilei adalah seorang fisikawan dan astronom, lahir tahun 1564 di Pisa, Italy. Dia mengamati gerak sebuah bola yang menjadi lambat lajunya kemudian berhenti disebabkan oleh gaya hambat atau yang disebut gaya Gesek. Gaileo menyimpulkan apabila gesekan antar permukaan benda dengan bidang datar ditiadakan, maka kelajuan tetap bola pada lintasan lurus dapat terus dipertahankan tanpa memerlukan gaya dari luar.
  • Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam. Dia lahir
    tahun 1643 berasal dari Inggris, mempelajari hasil pengamatan dan kesimpulan dari Galileo, dan akhirnya Newton menyatakan hukum pertamanya tentang hubungan gaya dan gerak, yang disebut hukum I Newton

Hukum-hukum Newton tentang Gerak dan Gaya

  1. Pak,, saya ingin lihat cnth soal uas kelas x, tp hrs pake password dlu??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: